10/08/17

2 Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal





2 Cara mudah menghitung berat badan dan mengukur Lingkar perut untuk menentukan berat badan ideal berdasarkan tinggi badan yang berbeda-beda? Apakah kita kelebihan berat badan (obesitas) atau tidak. 

Mengetahui pengetahuan dasar ini sangat berguna dalam memulai program diet. Kita bisa mengetahui sejauh mana keberhasila program diet yang telah dilakukan.

Ada dua cara menghitung Berat Badan ideal yang dapat anda praktekkan dengan mudah. 

1.Cara Hitung Indeks Massa Tubuh (IMT)


IMT juga biasa disebut BMI singkatan dari Body Mass Index digunakan untuk mengetahui berat badan ideal. Cara hitung ini memiliki tingkat akurasi 95% dengan 5% bergantung pada data yang dimasukkan dan ketangkasan berhitung.

Adapun rumus IMT adalah sebagaimana berikut:


  • Apabila Hasil IMT < 17.0 maka yang bersangkutan  Sangat Kurus
  • Apabila Hasil IMT  17.0 – 18.5 maka maka yang bersangkutan Kurus
  • Apabila Hasil IMT 18.5 – 25.0  maka yang bersangkutan dalam berat Normal (Ideal)
  • Apabila Hasil IMT 25.0 – 27.0  maka yang bersangkutan mulai Gemuk
  • Apabila Hasil IMT > 27.0   maka yang bersangkutan Sangat Gemuk

Ilustrasinya bisa lihat Contoh ini : Dian Lestari memiliki tinggi 150 cm dengan berat badan 75 kg. Maka IMT Dian adalah 75 kg : (1,5 meter x 1,5 meter) = 33,33. Apakah Dian sudah berada dalam ukuran berat badan ideal? Lihat dalam tabel klasifikasi nilai IMT di atas dengan tabel di bawah ini (Sumber: Departemen Kesehatan RI)

Hasilnya Dian berada di tabel merah angka 33 yang berarti obesitas. Berat normal dian dengan tinggi 1,5 meter berada pada 45 Kg, 50 Kg dan 55 Kg. Ada kelebihan berat badan 20 Kg yang membuat Dian harus segera diet.

Tabel di atas juga bisa digunakan dengan cara lebih mudah. Hanya tinggal mencocokkan koversi tinggi dan berat, bertemu pada angka berapa. Berada di tabel warna apa berat badan anda? Jika merah, segeralah berbenah.

Selain itu tabel IMT juga dapat memberi petunjuk berat ideal yang harua anda capai sesuai dengan tinggi tubuh anda. Proporsional tentunya.
Cara berikutnya adalah :

2.Mengukur Lingkar Pinggang


Cara yang lain menentukan seseorang mengalami obesitas (kegemukan) atau tidak dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang.

Dalam batas normal, ukuran lingkar adalah sebagai berikut :
Wanita : < 80 cm
Pria : < 90 cm

Dengan mengetahui cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Mengukur Lingkar Pinggang, kita bisa mengevaluasi diri kita.

Semoga membantu!! Dapatkan kesempatan 20 Kg pertama dengan usaha Kecilin Perut.

 Berani Coba Berani Kecilin Perut


Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon