18/10/17

Pengertian GERD dan Bedanya Dengan MAAG

Peningkatan orang yang mengalami masalah lambung terus saja meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya anggota Group Peyakit Lambung di Medsos yang berisikan keluhan dan cerita para penderita sakit lambung masing-masing. Bermacam-macam keluhan lambungnya, akan tetapi ada kesamaannya, jika tidak kena MAAG ya kena GERD yang ada bedanya. Mari kita bedakan dua masalah lambung kronis ini.

Kita pahami dengan bahasa teoritis dulu ya..

GERD adalah singkatan dari Gestroesophageal Reflux Disease. Istilah umum yang digunakan di dunia medis untuk orang yang memiliki luka pada bagian eskofargus / refluks / katup lambung. Fungsi eskofargus sendiri adalah untuk mengontrol makanan dan salah satunya akan memberi tahu kita rasa kenyang. Mengabaikan rasa kenyang hanya akan membuat lambung kelebihan muatan dan rentan luka.

Luka pada eskofargus tentu saja menghambat fungsi utama eskofargus itu sendiri. Sehingga keluhan mual dan muntah akibat naiknya asam lambung tidak bisa dihindarkan. Terkadang ada yang muntah mengeluarkan makanan. Bahkan pada fase tertentu asam lambung yang naik ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti jantung. Sinyal bahaya telah datang, sebab organ seperti eskofargus, jantung, tenggorokan tidak dirancang untuk bersentuhan dengan asam lambung.Jika terjadi mudah sekali terinfeksi atau terluka.

Sudah agak mengerti kan....yes, kita lanjut.

Lantas apa bedanya dengan maag kalau gitu....

Sedikit berbeda dengan MAAG. Luka Maag ada di bagian dinding dalam lambung. Gejala yang timbul seperti nyeri di bagian ulu hati dan mual-mual. Jadi asam lambung pada penderita maag berkutat pada area lambung, tidak keluar ke mana-mana. Meskipun demikian apabila tidak segera ditangani dengan obat maag, ada tekanan lemak / toksin dari usus, dan makan minum masih ngawur maka ini menjadi pintu masuk GERD. Asam lambung meningkat drastis dan keluar juga lewat eskofargus. Maag bissa jadi proses awal terjadinya Asam lambung.

Lakukan saja saran orang di sekeliling kita, baik bidan desa maupun teman untuk konsumsi obat Maag. Obat ini akan bekerja melapisi dinding dalam lambung dengan cairan khusus agar tidak terasa nyeri lagi. Cairan ini meningkat seiring bertambahnya asam lambung. Meskipun bersifat sementar, perlu anda lakukan. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Maag)

Anggaplah masalah lambung yang anda derita sudah  pulih dan lepas obat. Selanjutnya tetap atur pola makannya, jangan ngawur lagi. Lambung anda sudah tidak seperti semula. Ada pola makan yang harus Dihindari Saat Pemulihan Gerd dan Maag

  • Minum cafein seperti kopi dan teh sebelum sarapan pagi. Kalaupun sangat ingin, usahakan makan berat dahulu.
  • Sering telat makan karena sibuk kerja.
  • Makan sering berlebihan saat merasa sangat lapar (balas dendam).
  • Berbaring setelah makan kenyang.
  • Kurang makanan serat seperti sayur dan buah.
  • Kurang konsumsi air minum

Semoga dengan tulisan singkat di atas dapat memberikan harapan baru bagi anda, saudara anda dan teman anda yang mengalami masalah lambung dan pencernaan secara keseluruhan. Ada baiknya lakukan detoksifikasi untuk memulihkan pencernaan yang terlanjur terluka akibat asam lambung dengan Fiforlif yang mengandung banyak enzim, minerat, probiotik dan sekaligus prebiotiknya. Fiforlif juga bekerja mengurangi tekanan toksin/lemak dari usus.

Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon