19/11/17

Cara Membedakan Maag dan Gerd Secara Tepat

Dalam kondisi sakit lambung, sering kali panik dan cemas menguasai pikiran. Sehingga sering tidak jernih membedakan maag dan Gerd. Musuhnya sama asam lambung tetapi berbeda posisi lukanya. 

Tentu saja penanganannya sedikit berbeda.
Di Group Asam Lambung, admin pun sering ditanya perbedaan Maag dan GERD.  Seolah-olah tidak ada kesepakatan bersama tentang perbedaan ini.

Untuk itu, mari kita bedakan kedua hal tersebut secara tepat agar menemukan penanganan yang sesuai.

Asam Lambung Punya Manfaat


Pada dasarnya asam lambung punya fungsi untuk membunuh kuman yang ikut tertelan bersama makanan. Sehingga hampir setiap hari lambung berinteraksi dengan asam lambung. Hanya pada kondisi puasa saja, interaksi tersebut berkurang.

Asam lambung ini berbentuk cair yang bersumber dari bagian tubuh yang mengandung klorida. Setiap kali ada makanan dan minuman masuk, asam lambung akan mendeteksi kuman dan menjinakkannya.

Asam Lambung Berubah Jadi Bahaya


Sub judul ini tidaklah sebenarnya. Asam lambung tidak berbahaya, tetapi pada kondisi berlebihan asam lambung membahayakan dinding lambung hingga terjadi luka lambung (maag). Pun halnya apabila asam lambung sangat sedikit.

Kondisi-kondisi yang sering melatar belakangi produksi asam lambung berlebihan diantaranya stress, telat makan namun tetap sibuk beraktifitas, makan makanan kelebihan lemak yang sulit dicerna sehingga asam lambung terus berproduksi dan minuman bersoda yang tentu tidak dapat difilter asam lambung.

Dengan kata lain yang melatar belakangi peningkatan asam lambung adalah gaya hidup kurang sehat.

Bedanya Gerd Dan Maag


Dari penjelasan di atas saya harap anda sudah sedikit faham apa dan bagaimana kerja asam lambung.

Kelebihan asam lambung dapat melukai lambung, pada tahap awal luka tersebut ada pada dinding lambung. Inilah yang disebu maag. Sehingga saat telat makan, para penderita maag langsung merasakan nggak enak di area dada kiri dibawah tulang rusuk.

Penanganan yang kurang tepat dan gaya hidup masih tetap kurang sehat, asam lambung akan tetap meningkat. Lambat laun asam lambung akan mencapai eskophagus (katub lambung) yang memberi signal kenyang.

Saat eskofagus sudah terluka akibat asam lambung, maka refluks tidak bisa terhindarkan lagi. Yaitu keluarnya asam lambung hingga ke tenggorokan dan bahkan ada yang membawa keluar makanan (muntah).

Padahal organ tubuh dalam selain lambung tidak diciptakan untuk berhadapan langsung dengan asam lambung. Sehingga penderita akan merasakan panas dintenggorokan, kadang ada sesak nafas dan mudah lelah.

Itu dulu penjelasan panjang lebar mengenai perbedaan gerd dan maag. 

Saran Penanganan

Maag dan Gerd merupakan satu kesatuan dalam sistem pencernaan. Sehingga penanganan yang terbaik bukan pengobatan pada lambung saja, melainkan pada bagian organ pencernaan lainnya.

Para pakar kesehatan telah menyarankan lakukan Detoks Metabolisme apabila mengalami keluhan pencernaan. Anda yang belum faham apa itu detoks baca pengertian detoksifikasi.

Detoks yang saya sarankan di website ini adalah Fiforlif. Jus buah ini punya fungsi detoks metabolisme yang baik. Bahkan Boyke Dian Nugraha menyarankannya.

Atau anda juga bisa buat susu fermentasi kefir yang konon hadiah dari Nabi Muhammad SAW untuk penduduk kaukasus yang bagus untuk pencernaan. Cara buat susu kefir.




Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon