22/01/18

Inilah Cara Membersihkan Vagina yang Salah

Perawatan Ekstra Keset
Vagina menjadi pembeda identitas pria dan wanita, sehingga punya cara khusus untuk perawatannya. Tidak asal bersihkan. Sebab cara membersihkan vagina yang salah  dapat merusak keasaman (pH) vagina. Sehingga muncul keluhan seperti gatal-gatal, iritasi, bau tidak sedap, keputihan, kista, miom dan kanker serviks. Cukup menghawatirkan, bukan?

Untuk itul simak baik-baik cara membersihkan vagina yang salah lalu sebisa mungkin anda hindari :

Membersihkan vagina hingga memasukkan Benda asing ke Dalam


Apapun alasannya tidaklah diperkenankan memasukkan benda asing ke dalam vagina. Baik untuk alasan atasi keputihan, penambah gairah dan lain-lain. Sebab secara Fisiologis vagina diciptakan memiliki kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri dengan cara membawa keluar kuman/bakteri pengganggu melalui cairan khas wanita yang anda lihat sehari-hari.

Cara membersihkan vagina yang dianjurkan hanyalah di bagian permukaan vagina termasuk di area Vulva, labira mayora dan minora. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan vagina tidak merusak flora vagina. Flora vagina yang baik dan tidak baik punya fungsi sama untuk menjaga keseimbangan tingkat keasaman vagina (ph).

Membersihkan Vagina dengan cairan mengandung aroma parfum


Aroma parfum memiliki tingkat keasaman antar 7 - 8 pH, padahal pH normal vagina ada sekitar 3.5 - 4. Senyawa parfum dapat merusak keseimbangan flora vagina yang mengakibatkan dampak seperti gatal-gatal, iritasi dan bau tidak sedap.

Cara aman yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan sabun batangan yang tidak mengandung parfum. Dari pada harus menggunakan sabun cair.

Membersihkan vagina dengan antiseptik maupun alkohol


Benar bahwa antiseptik dan alkohol mampu membunuh jamur, kuman dan bakteri. Namun kedua senyawa ini tidak bisa memilah mana flora vagina yang baik dan yang buruk. Sehingga cenderung bersihkan semuanya. Akibatnya tentu saja keseimbangan keasaman terganggu dan renta terhadap infeksi jamur keputihan dll.

Hal ini disarankan bagi pria Foredi untuk atasi ejakulasi dini. Setelah rasa hangat antiseptik foredi reda, diharuskan dicuci agar antiseptik tidak bersentuhan dengan kulit vagina.

Cara membersihkan yang terlalu rutin


Ini biasanya diikuti oleh rasa was-was "kurang bersih" atau "kurang lama". Sehingga selalu merasa kurang dan jarak satu upaya membersihkan vagina terlalu dekat. Cara seperti ini pun dapat mengganggu keseimbangan hormon vagina. Paling tidak lakukan pembersihan vagina setelah buang air.

Cara Membersihkan Vagina terburu-buru


Setiap kali buang air kecil tidak dianjurkan untuk terburu buru segera mengenakan celana. Setelah cebok, pastikan area vagina benar-benar kering dengan cara menempelkannya dengan handuk kering. Bukan dengan cara menggarukkan handuk.

Kelembaban yang berlebih pada vagina punya efek memudahkan jamur berkembang biak. Jadi pastikan keset setelah buang air. 

Intinya secara fisiologis vagina diciptakan untuk bisa mengurus dirinya sendiri dengan cara membawa keluar kotoran lewat cairan khas vagina yang anda lihat sehari-hari.

Sedangkan point penting yang patut anda jadikan rujukan untuk menjaga kesehatan vagina diantaranya adalah :


  1. Pastikan tidak ada benda asing masuk ke vagina saat proses pembersihan vagina.
  2. Area yang diperbolehkan untuk dibersihkan diantaranya vulva, labira mayora dan minora. Atau lebih kita kenal bibir vagina.
  3. Jangan panik, sebab vagina punya kemampuan mengurus dirinya sendiri.


Pembersih Vagina Rekomendasi Boyke Dian Nugraha


Adalah Tisu Majakani yang dapat anda jadikan solusi jitu untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Tisu majakani dapat bekerja mengontrol keasaman vagina.

Tisu ini terbuat dari ekstrak majakani yang dibentuk menjadi tisu (semacam kertas). Akan tetapi tisu ini tidak mudah robek. Cara pakainya pun seperti mengelap di area permukaan vagina.

Saat anda mengalami kelembaban berlebihan pada vagina, tisu majakani dapat memastikannya menjadi keset kembali. Coba lah Tisu Majakani.






Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon