22/05/18

Keluhan Kesehatan Akibat Darah Kental Dan Solusi Praktisnya

Andakah orangnya yang mengeluh tentang mudah mengantuk, sakit mata, sering sakit kepala, badan menjadi lemas, dan mudah pegal padahal santai di hari libur. Jika demikian, ciri tersebut bisa menjadi pertanda darah anda lebih kental dan lengket dari pada saat kondisi normal.

Ilustrasi Darah Kental (Teknik Bekam)

Pada mulanya anda baik-baik saja sebenarnya, tetapi lambat laut mengalami keluhan kesehatan yang aneh-aneh dan belum pernah dialami. Hal semacam ini sering kali disebut sebagai efek dari pengentalan darah yang masiv. Semestinya darah tidak kental, sehingga dapat mengantarkan nutrisi makanan, vitamin, obat dan oksigen secara baik.

Kondisi menurunya kesehatan pada kasus ini bukan soal usia, sebab usia muda pun tidak sedikit yang mengalaminya.

Coba perhatikan tubuh anda, apakah listing berikut ini menjadi salah satu bagian dari lingkungan hidup anda? Jika Ya, maka nggak usah heran jika ada pengentalan darah pada tubuh anda.
Berikut ini adalah pemicu darah manusia menjadi kental :

  1. Gemar Minum Alkohol
  2. Kurang Konsumsi Air Putih
  3. Merokok
  4. Kurang Gerak
  5. Kolesterol Tinggi
  6. Kekurangan Trombosit
  7. Kerusakan Endotel
  8. Sindrom Darah Kental
  9. Pola Makan
  10. Stress
  11. Oksidasi Radikan Bebas
  12. Genetik
  13. Suhu Dingin
Bagaimana, adakah listing penyebab pengentalan darah yang ada dan menjadi bagian dari kehidupan anda? Kalau dalam Film Hollywood seperti Twilight dan New MOON darah kental tidak disukai oleh para vampire. Mereka lebih suka darah seger yang mengalirnya lancar. Maka darah kental sebaiknya segera dicairkan kembali.

Bahaya Pengentalan Darah Yang Menghawatirkan


Darah bekerja ke seluruh jaringan tubuh sebagai pengantar suplai sari pati makanan, hormon, oksigen dan obat. Ia mengalir seperti aliran sungai. Pada kondisi darah kental, penyaluran bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh menjadi terhambat / terlambat. Sehingga tubuh bisa kekurangan asupan nutrisi, oksigen dan hormone. Kondisi inilah yang sering dialami oleh para penderita penyakit aneh-aneh.

Bahkan, saat tubuh manusia terjangkit Virus tertentu penyaluran obat pun bisa terganggu. Hal ini seperti pernah admin temui pada pasien Demam Berdarah di Yogyakarta, dimana hari-harinya diisi kopi, rokok, diskusi dan kurang air putih sehingga darahnya kental. Saat pasien terjangkit DB, dokter perlu melakukan dua langkah pengobatan yaitu pengencer darah dan memasukkan obat DB. Tentu saja pengobatan menjadi lebih lama. Dan jika terlambat penanganan DB juga beresiko mengancam nyawa bersangkutan.

Pilih Obat Pengencer Darah Yang Mana?


Dalam dunia medis, kasus pengentalan darah biasanya diberikan resep obat seperti Warfarin, Enoxaparin, Heparin dan Aspirin. Obat-obatan tersebut termasuk jenis antikoagulan  yang berarti obat anti pembekuan. Resep obat tersebut membutuhkan resep Dokter yang tentu saja akan memilihkan resiko terkecil obat pengencer darah. Dokter lebih tahu.

Resiko obat antikoagulan paling umum adalah perdarahan secara berlebihan.  Selain itu ada juga air seni menjadi merah, mimisan, gusi berdarah, pusing, ruam, rambut rontok dan kelemahan otot. Oleh karena itu jenis obat antikoagulan sangat penting resep dokter, tidak boleh sembarang orang minum.
Adakah pilihan alternatif misalnya pengental darah alami?

Tentu saja ada seperti Bawang putih, jahe, biji seledri, dan adas manis.  Adapula sumber makanan kaya vitamin E seperti  minyak zaitun, bunga matahari, kedelai, dan gandum. Atau ada juga pada Bayam, tomat, mangga, kiwi, selai kacang, kacang almond, biji bunga matahari, dan brokoli.  Tetapi perlu diingat, jenis makanan seperti ini tidak boleh berbarengan dengan obat pengencer darah.

Selain itu ada beberapa cara untuk  untuk mengencerkan darah.  Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan :

1.    Mengkonsumsi air putih

Konsumsi air putih merupakan tingkat teratas dari usaha mencegah pengentalan darah.  Bukankah air memiliki sifat melarutkan? Sifat ini lah yang mampu mengurai kekentalan darah. Dalam satu hari sekurang-kurangnya 6 Liter Air putih. Kalau sedang berpuasa, konsumsi di malam hari juga bagus.

2.    Alternatif Teknik Bekam

Teknik Bekam merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang bagus digunakan untuk melancarkan aliran darah dan mengeluarkan darah kotor. Tidak hanya itu, darah yang kental bisa dikeluarkan dengan jalan bekam. Tetapi anda perlu memilih ahli bekam terpercaya (bersertifikat).

3.    Bawang putih

Bawang putih punya sifat antibakteri dan antijamur yang mampu bekerja menetral aliran darah. Tips pemanfaatan bawang putih yang populer salah satunya ialah sediakan 2 siung bawang putih lalu campurkan dengan air hangat. Setelah itu diminum. Jika tidak suka dengan cara ini, anda bisa coba dengan bikin Sambal Bawang (Bawang Putih dan Garam Saja). Selain itu bawang putih juga termasuk jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang menangkal radikal bebas.

4.    Buah Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain. Enzim itu merupakan enzim yang bermanfaat dalam mengencerkan darah. Mengencerkan darah yang mengental di dalam tubuh bisa mengkonsumsi nanas sebanyak 50 gram per harinya. Khusus untuk nanas tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.

5.    Konsumsi Vitamin K

Kalau anda suka kacang-kacangan sebaiknya segera sediakan di rumah. Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin k yang bagus untuk mengencerkan darah. Kacang-kacangan itu diantaranya ada kacang buncis, kacang polong, kacang hijau dan masih banyak lagi lainnya.

6.    Aspirin

Aspirin merupakan obat yang bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Saat anda merasakan gejala darah kental sebaiknya segera mengkonsumsi aspirin. Namun jika anda sedang mengalami menstruasi atau hendak melakukan tindakan bedah hindari mengkonsumsi aspirin sebab efek samping aspirin bisa menyebabkan darah yang keluar banyak.

7.    Jangan Makan Zat Besi

Memakan makanan yang banyak mengandung zat besi menjadi pantangan buat anda yang merasakan efek pengentalan darah. Sebab zat besi akan membuat darah semakin kental. Salah satu contoh adalah bayam.

8.    Hangatkan tubuh

Menghangatkan tubuh saat darah kental akibat suhu dingin sangat bagus. Menghangatkan tubuh bisa dengan perapian, sweeter atau konsumsi makan dan minuman yang hangat. Tidak baik saat darah kental melakukan pemijatan, lebih baik anda menggunakan balsam atau koyo yang rasanya cukup hangat.


Terakhir yang tidak kalah penting adalah mulailah Olahraga secara teratur. Olah raga secara teratur mampu melancarkan peredaran darah dan mengurangi pengentalan darah. Seperti jogging misalnya, jika anda pernah jogging tentu merasakan efek kesegeran setelah sesi istirahat. Jika diperlukan, anda bisa coba Hirvero Raja Herbal. Hirvero mengandung Safflower yang mampu bekerja menurunkan kadar lemak darah yang memicu pengentalan darah.




Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon