17/02/19

Tips Tradisional Untuk Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Sakit menjadi bagian dari kehidupan kita. Ada kalanya sehat dan ada kalanya sakit, ya kan? Yang menjadi PR adalah bagaimana mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit, agar bisa kembali beraktifitas seperti semula. Untuk itu anda perlu tahu cara tepat mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Ada beberap tips tradisional untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Tips tradisional ini mengedepankan pemanfaatan tanaman alam yang mudah tumbuh di pekarangan rumah kita. Tanaman yang saya maksud adalah kunyit, jahe, kencur dan mengkudu.

1. Memanfaatkan Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah tradisional yang telah lama terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Ada yang dibuat sebagai bumbu masakan, ada pula yang dipakai untuk minuman hangat. Benar saja, bahwa kunyit mampu mengembalikan kinerja pencernaan.

Selain itu kunyit juga bermanfaat sebagai antiperadangan, mengurangi efek asam lambung, mengurangi gasa pada pencernaan, mengurangi mual, meredakan diare dan masalah pencernaan lainnya.

Kunyit memiliki kandungan magnesium dan kalium yang tinggi untuk memulihkan daya tahan tubuh setelah sakit.

2. Memanfaatkan Jahe

Jahe tidak hanya memberikan rasa hangat pada tubuh, lebih dari itu jahe juga baik untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Tetapi jangan pilih jahe bubuk ataupun jahe tidak segar agar tidak kecewa. Pilih saja jahe yang batangnya kokoh dan tidak berjamur. Banyak kita jumpai di pasaran.

Jahe telah lama menjadi bagian dari pengobatan tradisional di hampir seluruh Asia Tenggara, daratan cina, arab dan India. Jadi jelas telah lama punya nama di bidang pengobatan.

Jahe memiliki kandungan phenolic yang berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

3. Memanfaatkan Kencur

Kencur hampir mirip-mirip dengan jahe dan laos (lengkuas) tetapi memiliki bau yang lebih kuat. Tanaman ini banyak kita jumpai di asia tenggara seperti indonesia, thailand, malaysia, dan brunei.

Umumnya kencur dijadikan pelengkap penting dalam cita rasa khas masakan asia tenggara. Lebih dari itu kencur punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan pemulihan daya tahan tubuh setelah sakit.

Beberapa manfaat kencur diantaranya bisa dipakai untuk obat batuk apabila dicampur garam, sebagai antidepresan untuk hindari stress, obat diare, campurna jamu, dan penambah nafsu makan. Bisa juga dipakai untuk melegakan pernafasan bagi para perokok.


4. Memanfaatkan Mengkudu

Mengkudu merupakan buah berwarna hijau yang mudah kita temukan di Australia, India dan Asia tenggara termasuk Indonesia. Mengkudu memiliki kandungan kalium yang bagus untuk memulihkan daya tahan tubuh setelah sakit.

Sebagian masyarakat kita percaya bahwa mengkudu dapat menjadi obat pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, dan kanker. Meskipun demikian klaim ini harus melewati penelitian lebih lanjut.

Lebih dari itu mengkudu bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mengurangi mual setelah operasi, menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan ostheoarthitis (sakit persendian).

Meskipun demikian, penggunaan mengkudu perlu dibatasi, sebab kelebihan kalium dari buah mengkudu tidak baik bagi beberapa orang. Seperi orang hamil, punya kadar kalium tinggi (asam urat), punya gangguan organ hati, dan punya masalah pada ginjal.


Dapatkan Hirvero Raja Herbal, Obat Tetes Untuk Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

hirvero solusi daya tahan tubuh


Artikel Terkait

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 082338111629. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Tiki, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon